PEDOMAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN
Pada
dasarnya pembangunan perumahan merupakan salah satu aktifitas yang sangat
berpengaruh terhadap proses penataan ruang kota. Ruang kota merupakan pusat
kegiatan usaha yang terdiri dari berbagai unsur. Unsure-unsur kota tersebut
membentuk struktur kota. Proses pembentukan kota dengan kota lainnya berbeda,
karena di pengaruhi oleh perkembangan fungsi primer dan skunder dari
masing-masing kota tersebut.
1. STANDAR ARSITEKTUR DI BIDANG PERUMAHAN
Rumah, dari aspek arsitektur, terkait
dengan aktifitas penghuni yang mempunyai dinamika yang sangat tinggi. Pada awalnya rumah atau hunian hanya
merupakan suatu tempat berlindung. Dalam perkembangannya, seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan kebutuhan manusia,
semakin meningkat pula apresiasi manusia atas unit huniaan
Menurut maslow kebutuhan manusia menunjukan
hierarki dari kebutuhan yang paling dasar/pokok hingga kebutuhan tingkat
lanjut. Seperti dijelaskan, teori maslow ini menjelaskan hierarki kebutuhan
manusia terehadap pemenuhan hunian, yaitu sebagai berikut:
a. Survival Needs
Tingkat kebutuhan yang paling
dasar ini merupakan kebutuhan yang harus di penuhi pertama kali. Pada tingkatan
ini hunian merupakn saran untuk menunjang keselamatan hidup manusia.
b. Safety and security Needs
Pada tingkatan kali ini hunian
merupakn sarana perlindungan untuk
keselamatan anggota badan dn hak milik.
c. Affiliation Needs
Pada tingkatan ini hunian
merupakan sarana agar dapat diakui sebagai anggota dalam golongan tertentu.
Hunian tersebut berperan sebagai identitas seseorang untuk di akui dalam
golongan masyarakat.
d. Esteem Needs
Kebutuhan berikutnya terkait
dengan aspek psikologois. Manusia butuh di hargai dan di akui eksistensinya.
Terkait dengan hal ini hunian merupakan sarana untuk mendapatkan pengakuan atas
jati dirinya dari masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Pada tingklatan ini,
rumah sudah tiadak lagi tergolong kebutuhan primer, tetapi sudah meningkat pada
kebutuhan yang lebih tinggi yang haris dipenuhi setelah kebutuhan pokok
terpenuhi. Rumah yang mewah, bagus dapat memberikan kebanggaan dan kepuasan
kepada pemilik rumah tersendiri.
e. Cognitive and Aesthetic Needs
Merupakan tingkatan paling tinggi
dari kebutuhan manusia terkait dengan aspek psikologis, seperti halnya esteem
needs. Hanya saja pada tingkatan ini hunian tidak hny sarana peningkatan
kebangggan dan harga diri. Tetapi juga agar dapat di nikmati keindahannya, pada
tingkatan ini, produk hunian tidak hanya sekedar untukl digunakan tetapi juga
dapat member dampak kenimatan secar visual pada
lingkungan sekitarnya.
Berdasaka
teori ini, setelah kebutuhan jasmaninya terpenuhi, yaitu kebutuhan akan
sandang, pangan dan kesehatan, maka rumah akan menjadi salah satu kebtuhan yang
memotifasi manusia untuk mengembangkan diri kearah kehidupan yang lebjh baik.
Keberadaan rumah, walaupun kecil,akan memberikan dampak psikologis yang besar
terhadap perkembangan mental pemiliknya. Pemilik akan merasakan klepemilikan
terhadap ruang secara hakiki, yang benar-benar dapat dikuasai untuk menunjukan
teritori dan eksistensi dirinya. Rumah rumah bukanlah sekedar a house, namun telah menjadi a
home. rumah bukanlah sekedar tempat berlindung dari panas dan hujan,
namun lebih jauh rumah telah memberikan ketenangan, kesenangan kenangan atas
segala peristiwa dalam kehidupannya.
Di
tinjau dari sisi arsitektur, rumah merupakan wadah bagi kegiatan manusia dimana
di dalam wadah tersbut dapat di lakukan fungsi menghuni. Untuk dapat
menjabarkan lebih jauh berbagai kelengkapan yaitu perlu di adakan pada sebuah
rumah, sebelumnya perlu di pahami lingkup dari kegiatan ‘menghini’ itu terlebih
dahulu.
Menghuni
atau bertempat tinggal meliputi serangkaian aktivitas yang di lakukan dalam
rentang waktu 24 jam ( harian ) dalam 24 jam manusia akan melakuakan derbagi
aktivitas antara lain:
1. Beristirahat/tidur
2. Makan
3. Berinteraksi social
4. Buang air kecil/buang air besar
5. Beribadah
6. Bekerja/berkarya
No comments:
Post a Comment
Semoga Artikell Kami Bermanfaat,,,,,,,,,, Jagan Lupa Langganan dan Membagikan,,,,,,,,,!